“KRATINGDAENG”

Siapa yang
tidak tahu minuman energi yang bermerk Kratingdaeng. Di Indonesai minuman
energi ini dikenal dengan nama Kratindaeng, tapi minuman yang berkelas
internasional ini lebih dikenal dengan merk “Red Bull” di luar sana. minuman paling
laris didunia dan sudah dijual dilebih dari 100 negara dan mempunyai cerita
unik di awal perjalanannya.
Semua
berawal dari seorang pria bernama Dietrich Mateschitz seorang jutawan dari
Austria. pada awalnya saat ia sedang berada di hongkong dia mendapat sebuah ide
tentang sebuah minuman energi yang akan sangat laris dipasaran. lalu dia
mencoba mewujudkan pemikirannya itu dan mencoba mencari tahu komposisi minuman
berenergi. seringkali uji coba selalu gagal, dan rasa dari minuman tersebut
tidak karuan karena Mateschitz tidak pernah menemukan rahasia formula yang
tepat untuk minuman energinya dia mencoba bergabung dengan minuman yang telah
ada. Nama minuman energi tersebut adalah “Kratingdaeng”. minuman energi ini
cukup populer di Thailand kala itu. pemilik minuman energi ini adalah Chaleo
Yoovidhya. minuman ini sudah mulai diproduksi dari tahun 1978.
Hingga
akhirnya Dietrich Mateschitz menawarkan kerjasama dengan Yoovidhya. pada pada
tahun 1983 mereka bertemu di Thailand. Dalam perjanjian masing-masing dari
mereka memiliki 49% saham dan sisanya jatuh ketangan putra dari
Yoovidhya.Setelah menjalin kerjasama Mateschitz dapat memproduksi minuman
energi ini di Austria dengan merk dagang “Red Bull”.Nama asli minuman ini
“Kratingdaeng” yang dalam bahasa Thailand berarti Kerbau Merah.
Hingga pada
akhirnya Red Bull dapat dipasarkan keluar selain Austria, dan yang pertama
adalah Hungaria. Pada tahun 2001 Red Bull mulai memasuki Amerika dan Asia
Setelahnya, keberhasilan Red Bull adalah karena strategi pemasaran yang
dilakukan oleh Mateschitz yang bisa dibilang Non-Mainstream.Hingga saat ini
minuman telah terjual di 143 negara di seluruh dunia.
Analisa produk : KRATINGDAENG
Kratingdaeng adalah nama dagang sebuah
minuman energi dari Austria/Thailand. Minuman ini dipasarkan sebagai penangkal kelelahan. Mengandung
27 gram of gula (glukosa, sukrosa), 1000 mg taurine,
600 mg glucuronolactone, vitamin B-complex dan 80 mg kafein dalam
satu porsi 250 ml. Jumlah kafein ini sedikit di bawah kandungan satu
cangkir kopi (100 mg) atau dua kali kandungan 1 kaleng Coca Cola. Minuman ini juga dikenal di berbagai negara sebagai Red Bull.
Kratingdaeng adalah
pemimpin pasar di kategori Minuman Energi Cair. Beragam perhargaan baik ICSA
dan IBBA telah diperoleh dari tahun ke tahun. Kandungannya yang mampu
memulihkan stamina terbukti aman untuk dikonsumsi setiap hari.
PT.Asiasejahtera Perdana
Pharmaceutical adalah nama terpercaya sebagai distributor unggul di bidang
minuman energi dan kesehatan.
Sebagai distributor
tunggal produk Kratingdaeng, You C1000 Vitamin, You C1000 Water, Torpedo, Red
Bull, yang lebih dikenal sebagai produk minuman energi dan kesehatan yang
beredar di pasaran Indonesia, PT. Asiasejahtera Perdana Pharmaceutical selalu
siap untuk memberikan pelayanan dan perhatian khusus yang dibutuhkan oleh semua
mitra dagang dan pelanggan dengan kualitas yang memuaskan.
Segmentasi :
Demografi, penjualan
produk kratingdaeng ditujukan untuk para penduduk di Negara maju maupun
berkembang yang mulai memberikan perhatian lebih terhadap minuman suplemen guna
meningkatkan daya tahan. Kratingdaeng tidak menetapkan wilayah sasaran
geografik. Dapat melayani semua segmen pasar. Untuk mendukung keberadaan barang
kratingdaeng banyak menyebar dipasar-pasar eceran dibandingkan pedagang besar.
Targeting
:
Pria dan wanita. Berusia
remaja sampai dewasa. Atlet, eksekutif, pelajar, yang menghendaki stamina
prima. Banyak bertempat tinggal di daerah urban dan sub urban. Berpola pikir
dinamis dan energik. Lalu merambah ke pasaran anakmuda sebagai selingan
lifestyle anak muda masa kini. Dulu minuman berenergi cuma dicitrakan untuk
orang yang mau begadang atau pekerja keras. Dalam perjalanan waktu, orang tahu,
minuman ini juga cocok untuk siapa saja yang menghendaki stamina prima, dari
eksekutif, pelajar hingga pekerja pria dan wanita. Bahkan, kini semakin banyak
konsumen yang mengonsumsi minuman ini rutin, setiap hari, sesuai anjuran
produsen Kratingdaeng itu, tiga botol/hari.
Berani menembus semua
segmen pasar dari mulai aktivitas olah raga, fun bike, basket, bulu tangkis,
sponsor Olah raga, pargelaran music, acara dansa hingga klub malam. dulu
minuman berenergi cuma dicitrakan untuk orang yang mau begadang atau pekerja
keras. Dalam perjalanan waktu, orang tahu, minuman ini juga cocok untuk siapa
saja yang menghendaki stamina prima, dari eksekutif, pelajar hingga pekerja
pria dan wanita. Bahkan, kini semakin banyak konsumen yang mengonsumsi minuman
ini rutin, setiap hari, sesuai anjuran produsen Kratingdaeng itu, tiga
botol/hari.
Positioning :
Dari contoh produk yang
tersedia, kratingdaeng memberikan manfaat untuk manambah vitalitas.
Kratingdaeng cenderung lebih unggul dibandingkan merek sejenis pada unsur rasa,
kandungan dan efeknya pada kebugaran tubuh pada akhirnya perilaku konsumen
sebagai pengguna minuman tersebut.
Penerapan 4 P
Produk:
Produk Kratingdaeng
merupakan produk liquid menggunakan kemasan botol kecil netto 125
ml. setiap kemasan mengandung berbagai multivitamin seperti vitamin B,
taurin, inostol, caffeine, calcium pantothene, nicotinamide, tartrazine, dan
lain-lain. Dan konsumen tidak mau mengkonsumsinya tanpa mengetahui
manfaat dan efek sampingnya yang dapat merugikan kesehatan.
Produk kratingdaeng
memiliki jenis kratingdaeng biasa (Kratingdaeng) dan premium (Kratingdaeng-S)
yang masing-masing memiliki kandungan yang agak berbeda. Untuk jenis premium
caffeinnya lebih tinggi dan ada tambahan vitamin.
Price:
Harga kratingdaeng kemasan
botol dalam negeri berkisar antara Rp4.000 untuk Kratingdaeng dan Rp5.500 untuk
Kratingdaeng-S. Harga yang ditawarkan memang cukup mahal dibandingkan
pesaingnya (Extra joss). Harga bukan sebagai penentu dalam persaingan.
Konsumen kembali lagi yang menentukan akan membeli produk yang mana.
Place:
All Convenience store,
Café, Hotel, Restauran, Pusat kebugaran, warung, kantin, kaki lima, toko
kelontong, lapangan golf dan Klub Malam. Kekuatan distribusi kratingdaeng
banyak terbantu karena jaringan distribudi kelompok PT. ABC Artha Boga
Cemerlang yang terkenal tangguh.
Promotion:
Bagi
produk yang perputarannya cepat seperti minuman berenergi cair ini, iklan
memang merupakan faktor yang amat penting. Minuman energi cair tergolong
produk low involvement.
Artinya, pengambilan keputusan tidak didasari oleh pemahaman atau pemikiran
yang mendalam. Akibatnya, iklan memberi pengaruh yang sangat tinggi. Jadi,
kalau TOM Ad-nya
tinggi, brand
share-nya tinggi. Hal ini akan semakin positif jika ditunjang
distribusi yang luas. Akibatnya, produk tersebut akan meraih share yang
sama atau bahkan lebih besar dari TOM Ad-nya.
Periklanan menjadi salah satu hal yang penting dalam proses mambangun merek
/branding. Mengenalkan produk kepada konsumen adalah salah satu tujuan
dalam promosi. Periklanan yang efektif akan mengubah pengetahuan public
mengenai ketersediaan dan karakteristik sebuah produk (product knowledge).
Periklanan
adalah permainan kalah atau menang. Jika slogan tanpa arti, itu tidak membantu
mereknya. Seperti slogan kratingdaeng “ mengembalikan
stamina yang loyo’’yang merupakan tag line yang bisa diterima
konsumen.
Deskripsi advertisment
Kratingdaeng
Seorang wanita disini
memakai endorser ‘titik puspa ‘yang usianya lebih dari 60 tahun, wanita yang
dikatakan sudah tidak berusia muda ini mengkonsumsi kratingdaeng sudah sejak
lama sehingga memiliki kondisi yang masih prima sampai saat ini.
Diduetkan
dengan para anak muda dewasa yang energik “boys band project pop“ mengambarkan
sekelompok anak muda dewasa yang selalu energik dan berkretivitas setelah
mengkonsumsi kratingdaeng. Dengan slogan yang didenggungkannya “isinya pas, manfaatnya gak
main-main” dengan jinggel lagunya yang cukup popular.
Dengan slogannya, para anak muda tersebut mengajak konsumen untuk
mengkonsumsi kratingdaeng karena untuk memberikan manfaat yang juga tidaklah
main-main. Isinya pas, ini pun bias dijelaskan kalau produk ini terjangkau
untuk dibeli oleh para konsumen.
– What do we need to say.
·
Keseimbangan
antara kesehatan, kebugaran.
– Tonality.
·
Kretif,
energik, dinamis.
– Brand ide.
·
MENGEMBALIKAN
STAMINA YANG LOYO
– Brand personification.
·
Bila
Kratingdaeng adalah sosok manusia super, dia adalah seorang wonderwomen bukan
catwomen. Dalam perbandingan lain adalah banteng bukan kerbau.
– Mandatory.
·
Merek
dan logo ‘Kratingdaeng”. Minuman sebagai penambah tenaga. Dengan simbolnya dua
banteng yang saling berhadapan mangartikan kuatnya tenaga setelah mengkonsumsi
kratingdaeng.
– Advertising Requirment.
·
TV
commercial, iklan cetak untuk Koran dan majalah.
– Even promotion.
Dikegiatan
lini bawah , Kratingdaeng aktif berpromosi. Tahun 1994 menjadi sponsor tunggal
siaran pertandingan Thomas dan Uber cup. Sejak itu Awareness terhadap poduk meningkat
pesat.
-Di
kegiatan aktivitas olah raga menggelar acara fun bike, juga pergelaran musik,
acara dansa hingga klub malam.
-Kratingdaeng
berusaha masuk kesemua kegiatan yang membutuhkan energy.
KESIMPULAN
Dari
analisa singkat terhadap STP dan 4P terhadap produk minuman suplemen cair
Kratingdaeng, dapat kita ketahui kekuatan Kratingdaeng yang membuat produk ini
menguasai pangsa pasar minuman sejenis di indonesia lebih dari 50 % pangsa
pasar.
–
Kratingdaeng cenderung lebih unggul dibandingkan dengan dengan merek sejenis
pada unsur kualitas produk.
–
Unsur rasa “taste” kandungan dan efek pada kebugaran tubuh menjadi faktor yang
menentukan konsumen memilih produknya. Setiap Negara memilki taste yang berbeda
dipengaruhi factor budaya, geografis, perilaku konsumen.
–
Berani menembus semua segmen pasar dari mulai aktivitas olah raga, fun bike,
basket, bulu tangkis, sponsor Olah raga, pargelaran music, acara dansa hingga
klub malam.
–
Gencarnya promosi di media massa, TVdan sponsor dalam event-event tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar